Pembuatan Sumur Bor

Pembuatan Sumur Bor

jasa,jasa sumurbor,sumurbor artesis,jasa sumur bor bandung,harga sumurbor,alat sumurbor,pengeboran sumur,pembuatan sumurbor,jasa sumur bor murah,perusahaan pengeboran sumur bor,alat sumur bor,tarif jasa sumur bor,servise jetpump,servise sumur bor,pembuatan trospal,jasa geolistrik,daerah,servise pompa air,suplier sumur bor

Proses pembuatan  sumur  di lakukan dengan mengkombinasikan putaran dan tekanan pada mata bor. Pada pemboran konvensional,seluruh pipa bor di putar dari atas permukaan dengan alat yang di sebut turntable. Turntable ini diputar oleh mesin diesel,baik secara elektrik ataupun tranmisi mekanikal. Dengan putaran,roda gerigi di mata bor akan menggali bebatuan.daya dorong mata bor di peroleh dari berat pipa bor.

Semakin dalam sumur di bor,semakin banyak pipa bor yang di pakai dan di sambung satu persatu. Selama pemboran dilakukan, lumpur di pompakan dari pompa lumpur masuk melalui dalam pipa bor bawah menuju mata bor. Nosel di mata bor akan menginjeksikan lumpur tadi keluar dengan kecepatan tinggi stang akan membantu menggali bebatuan. Kemudian lumpur naik kembali kepermukaan lewat annulus, yaitu celah antara lubang sumur dan polah bor,membawa cutting hasil pemboran. 
Proses pengeboran sumur 


Mengapa di gunakan lumpur untuk pengeboran, karena Lumpur umumnya campuran dari tanah liat, biasanya bentonite, dan air utk membawa cutting keatas permukaan menuju mata bor. Nosel di mata bor akan menginjeksikan lumpur tadi keluar dengan kcepatan tinggi sng akan membantu menggali bebatuan. Kemudian lumpur naik kembali kepermukaan lewat annulus, yaitu celah antara lubang sumur dan polah bor,membawa cutting hasil pemboran. Lumpur berfungsi sebagai lubrikasi dan medium pendingin untuk pipa pemboran dan mata bor. 
Lumpur merupakan komponen penting dalam pengendalian sumur (well control) karena tekanan hidrostatisnya di pakai untuk mencegah fluida formasi masuk ke dalam sumur.lumpur juga membentuk lapisan solid sepanjang dinding sumur yang berguna untuk mengontrol fluida yang hilang kedalam formasi. 

Pertama kali sebelum membuat pengeboran, langkah langkahnya adalah sbb : 
1. Survey lapangan, geolistrik atau tidak? 
2. Bila yakin titk bor ok, maka persiapan&mobilisasi
3. Alat dan personil 
4. Mendirikan rig (menara bor), settig mesin bor
5. Membuat bak lumpur (sirkulasi) 
6. Mulai Pilot hole (Percobaan pemboran), dengan dicermati tiap kedalaman dan  kandungan  batuannya (litologi batuan tiap meter perlapisan).dan dicatat waktu  kecepatan pemboranya. 
7. Kemudian dilaksanakan loggingtest (untuk mengetahui lapisan air tanah /aquifer) 
8. Setelah tes logging yakin ada air maka dilakukan ramming (pembesaran lobang bor) 
9.  kemudian dilanjutkan konstruksi pipa dan screen (saringan) 
10. kemudian disi bagian annulus dengan gravel  
11. Setelah konstruksi dan gravelling,dilakukan pembersihan sumur 
12. Pumpingtest 
13. kalau mau tau hasil dari kwalitas airnya maka dibawa kelaboratorium   (airnya dibawa 2 lt an pakai botol/jerigen tertutup jngan sampai kena angin) 

Catatan : Tiap daerah berbeda formasi batuan,tinggi permukaan air tanah, sehingga mempengaruhi kwalitas air tanah Itulah gambaran umum mengenai pengeboran air, semoga bermanfaat.

Dan untuk anda yang ingin menyewa Jasa Kami atau sekedar konsultasi mengenai pengeboran air ,harga,dan lainnya dapat menghubungi kami

Jasa Pengeboran Air dan Geolistrik Bandung 
Team2air Bandung  
phone/wa 082219358074 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar