Perbedaan Sumur Bor Jetpump dengan Sumur Bor Submersible
Selasa, 16 Mei 2017

Perbedaan Sumur Bor Jetpump dengan Sumur Bor Submersible

jasa sumur bor bandung/service sumur bor/jasa geolistrik
jasa sumur bor bandung
Untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih didaerah perkotaan yang semakin padat penduduknya otomatis keperluan akan air bersih semakin banyak pula, untuk memenuhi kebutuhan tersebut masyarakat perkotaan melakukannya dengan cara melakukan pemasangan saluran air bersih ke PDAM setempat, atau pun membuat sumur bor sendiri di lokasi sekitar rumah mereka.

Dalam hal pembuatan sumur bor atau pengeboran air tanah ada dua jenis sumur yang biasa masyarakat perkotaan buat, yang masing masing sumur tersebut berbeda dalam hal kedalaman sumur, pompa air yang di pakai dan pula pengambilan air tanahnya berbeda.


1.  Pembuatan sumur bor jetpum ~ Pengeboran sumur bor jetpump.

Pembuatan sumur bor jetpump dilakukan dengan pembuatan lubang sumur kedalaman 25 meter sampai kedalaman 45 meter, memakai pompa jetpum sebagai pompa hisapnya.
Pengambilan air tanahnya biasanya pada kedalaman 16 meter sampai kedalaman 32 meter tergantung kedalaman sumur yang dibuat dan tukang sumurnya melakukan penutupan air kotornya dikedalaman berapa.
Dengan standar harga yang relatif muarah dan terjangkau tetapi mampu untuk menyadiakan kebutuhan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga maka pembuatan sumur jetpum banyak dilakukan oleh masyarakat perkotaan, tetapi seiring waktu dimana semakin banyak penduduk dan perumahan serta fasilitas-fasilitas umum dan perkantoran yang banyak memerlukan air bersih otamatis ketersediaan air tanah di dalam tanah semakin lama semakin berkurang dan kwalitas airnya semakin jelek dan ini yang dinamakan penurunan air tanah.
Pada masa sebelumnya dengan sumur jetpump kedalaman 25meter-45meter air tanah masih tersedia banyak dan dapat di tarik menggunakan mesin jetpump atau semi-jetpump tetapi dengan adanya penurunan permukaan air tanah yang lama kelamaan berkurang dan habis maka mereka harus berusaha mendalami sumur nya atau mengganti sumurnya dengan sumur yang lebih dalam dengan kedalaman antara 60meter sampai 80 meter yang dinamakan sumur jenis submersible.

2. Pembuatan Sumur Sumur Bor Submersible ~ Pengeboran Semi Artesis

Sumur bor submersible atau sering disebut juga sumur bor satelit adalah jenis sumur bor dengan kedalaman antara 60 meter sampai 80 meter memakai jenis pompa yang ditanam di dalam sumur supaya pompa terendam air dan mampu menyemburkan air dengan daya dorong yang lebih besar di bandingkan pompa jetpump.
Pengeboran sumur dilakukan untuk mendapatkan air bersih yang lebih banyak dan kwalitas air yang dihasilkan jauh lebih baik di bandingkan dengan sumur jetpump karena kedalaman sumur ini lebih dalam dan pengambilan air bersihnya pun lebih dalam, biasanya pengambilan air bersihnya antara 40 meter sampai 48 meter tergantung tukang sumur bor nya harus penutupan air kotornya di kedalaman berapa harus di tutup, tujuannya untuk mencegah kwalitas air yang kuning.
Biaya yang di keluarkan untuk pembuatan sumur ini leratif lebih mahal tergantung jenis pompa submersible yang dipakai, material pemipaan yang dipakai dan kedalaman sumur yang di buat akan tetapi dari segi pengeluaran air yang di butuhkan lebih banyak dan kwalitas airnya pun jauh lebih bagus.
Jenis sumur ini cocok di gunakan untuk perkantoran, intansi, fasilitas-fasilitas umum, rumah ibadah dan rumah-rumah sewa/kost-kosan.

Bagi anda yang memerlukan pembuatan sumur bor/pengeboran sumur bor baik sumur bor jetpump atau sumur bor submersible anda dapat langsung atau berkonsultasi dulu dengan :
Team2air Bandung
Tlp. 082219358074