This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Biaya Pembuatan Sumur Bor

 

biaya pembuatan sumur bor

Biaya pembuatan sumur bor tentunya perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum memulai pembuatan sumur bor untuk mendapatkan air. Sumur bor memang menjadi solusi yang efektif dan efisien demi mendapatkan air bersih dan berkualitas. Kebutuhan akan air memang tidak bisa kita hindari.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu membutuhkan air untuk berbagai keperluan. Mulai dari untuk minum, memasak, mencuci baju, mandi, mencuci kendaraan, dan lain sebagainya. Untuk berbagai keperluan di atas kita harus mendapatkan air yang bagus, bersih, dan juga berkualitas.

Tujuannya tentu saja untuk menjaga kesehatan diri kita sendiri. Air yang bersih dan berkualitas pastinya jauh lebih sehat dan aman untuk tubuh kita. Sedangkan air yang kotor dan tidak berkualitas bisa merugikan tubuh dan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan yang buruk.

Biaya Pembuatan Sumur Bor dan Faktor yang Mempengaruhinya

Untuk mendapatkan air bersih, ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Salah satunya yaitu dengan membuat sumur bor sehingga kita bisa menjadikannya sumber air bersih untuk berbagai kebutuhan. Baik itu untuk kebutuhan rumah tangga pribadi, perkantoran, perhotelan, industri, dan lainnya.

Sumur bor sendiri merupakan jenis sumur yang pembuatannya dengan proses mengebor tanah memakai peralatan khusus. Tanah akan dibor hingga mencapai air bawah tanah yang kemudian akan dialirkan ke atas melalui pipa. Namun proses pembuatannya juga tidak sesingkat ini.

Terdapat beberapa tahap dalam pembuatan sumur bor. Mulai dari tahap persiapan lokasi yang layak, proses pengeboran tanah, hingga pengujian kualitas air sebelum digunakan. Setelah melewati berbagai proses di atas barulah kita bisa memanfaatkan air dari sumur bor tersebut.

Banyaknya proses tentunya menjadikan biaya pembuatan sumur bor tidaklah sedikit apalagi jika ditambah baya perizinannya. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 121 Tahun 2015, individu maupun lembaga yang ingin menyedot air dari bawah tanah memang harus memiliki izin.

Untuk mendapatkan izin tersebut biayanya juga tergantung dari kedalaman dan jumlah sumur yang dibor. Masing-masing wilayah di Indonesia mungkin juga memiliki biaya yang berbeda-beda. Namun biasanya, semakin dalam sumur bor maka akan semakin besar pula biaya izinnya.

Sementara itu, untuk biaya pembuatan sumurnya sendiri bisa mulai dari Rp100.000 per meter. Jadi semakin dalam sumur maka biaya pembuatannya juga akan semakin besar. Besar kecilnya biaya pembuatan sumur juga tergantung dengan besar kecilnya ukuran pipa yang digunakan.

Artinya semakin besar ukuran pipa maka biaya pembuatan sumur bor juga semakin besar. Bahkan harga paket untuk jasa pembuatan sumur ini bisa mencapai hingga Rp20 juta. Belum lagi dengan tambahan biaya peralatan mesin pompa dan pipa yang pastinya lumayan mahal.

Nah, biaya yang harus kita keluarkan untuk membuat sumur bor juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebutlah yang kemudian membuat biaya pembuatanya semakin bervariasi. Berikut adalah beberapa faktornya:

Jenis Tanah

Faktor pertama yaitu jenis tanah tempat lokasi pengeboran sumur. Jenis tanah yang sulit di bor seperti melewati area bebatuan yang keras pastinya membuat biaya semakin mahal. Sebaliknya, jika jenis tanah mudah untuk dibor maka harganya juga akan menjadi lebih murah.

Peralatan

Teknologi dan peralatan yang digunakan dalam proses pembuatan sumur bor ini juga bisa mempengaruhi biaya pembuatan sumur bor. Jika peralatan dan teknologinya lebih canggih maka biaya akan semakin mahal. Namun keuntungannya pembuatan sumur menjadi lebih efektif.

Ketersediaan Air

Faktor selanjutnya yang mempengaruhi harga pembuatan sumur bor yaitu ketersediaan air. Jika pengeboran sudah dilakukan dan tidak kunjung mendapatkan air bersih tentunya biaya akan semakin besar. Sebab pengeboran harus dilakukan lebih dalam lagi untuk mendapatkan sumber air bersih.

Jenis Bahan Material Pemipaan

Jenis bahan material untuk pemipaan tentunya juga mempengaruhi biayanya. Material untuk pemipaan tersebut memiliki beberapa tipe dan merek dengan kualitas yang berbeda. Semakin bagus kualitasnya tentu semakin mahal pula harganya dan mempengaruhi biaya pembuatan sumur bor.

Pompa Air

Pompa air tentunya sangat penting untuk sumur bor agar bisa mendistribusikan air. Nah, pompa air ini juga memiliki banyak pilihan dengan kualitas yang berbeda pula. Semakin bagus dan berkualitas pompa air maka biaya yang harus Anda keluarkan juga semakin besar.

Lokasi Pengeboran

Lokasi pengeboran juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh atas harga pembuatan sumur bor. Jika lokasinya sulit dijangkau dan jauh dari lokasi jasa pengeboran sumur maka pastinya biayanya juga akan semakin mahal. Namun jika lokasinya dekat tentu akan lebih murah.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya biaya pembuatan sumur bor. Nah, jika Anda sedang mencari jasa pembuatan sumur bor dengan harga murah maka kami bisa menjadi pilihan. Kami menawarkan jasa pembuatan sumur bor yang pastinya terpercaya dan profesional. Dengan begitu Anda tidak perlu ragu untuk menghubungi kami dan kunjungi https://team2air.blogspot.com/ kapan saja.