Geolistrik
Minggu, 12 Maret 2017

Geolistrik


Tentunya kita sudah mengenal mengenai ilmu Geologi atau akrab di telinga kita dengan sebutan ilmu mengenai bumi. Dalam ilmu geologi ada sebuah metode atau cara yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-sehari, metode tersebut bernama metode geolistrik. Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan geolistrik dan juga untuk apa metode ini, berikut akan dibahas secara singkat

Geolistrik Itu Apa?         

Geolistrik adalah sebuah metode dalam ilmu geofisika yang memiliki maksud untuk mengetahui ciri-ciri kelistrikan dari permukaan batu yang ada di dalam tanah yang menggunakan langkah dengan menyuntikkan arus tegangan listrik masuk menyusur tanah. Metode geolistrik pada dasarnya adalah sebuah metode yang dalam ilmu geofisika yang bersifat aktif.       
Kenapa dikatakan aktif, karena arus atau tegangan listrik yang dipakai bersumber dari luar sebuah sistem tadi. Maksud pokok dari penggunaan metode geolistrik ini sejatinya untuk menemukan resistivitas dari sebuah berbagai batuan yang ada dalam tanah. Yang dimaksud dengan resistivitas adalah jumlah atau ukuran yang memperlihatkan besar isolator terhadap aliran listrik.      
Jenis batuan yang menunjukkan angka resitivitas tinggi maka batu tersebut akan semakin sulit untuk dapat terkena arus listrik tersebut. Selain tujuan utamanya untuk mengetahui kadar hambatan jenis, metode geolistrik juga bisa digunakan untuk mengetahui sifat atau ciri-ciri dari kelistrikan yang lainnya. Ciri tersebut misalnya kemampuan diri serta medan penginduksian listrik.        
Metode geolistrik ini pertama kali diaplikasikan oleh Conrad Schlumberger di tahun 1912. Cara pengaplikasian dari metode ini yaitu dengan langkah mengaliri aliran listrik tipe DC dengan kekuatan tegangan atau daya yang tinggi ke bagian bawah lapisan tanah yang ingin diuji. Langkahnya dengan cara memecah arus listrik tadi menjadi dua elektroda.
Lantas keduanya ditancapkan ke tanah dengan tentang tertentu. Semakin jauh rentang penancapan maka listrik akan bisa masuk lebih dalam hingga menemui bagian bebatuan yang dalam. Jika sudah menemui hasil yang berupa sebuah pemetakan penyebaran resistitivitas yang baik yang berjajar dengan tingkat kedalaman tanah. Hasil yang diperoleh dari metode geolistrik akan diserasikan dengan jenis pemasangan.


Kegunaan Dari Metode Geolistrik         

Metode geolistrik dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Satu hal yang paling sering diaplikasikan yaitu untuk mengetahui kadar air dalam sebuah tanah. Dari pengukuran lapisan bebatuan yang bisa menembus ke dalam sekitar 300 meter di bawah tanah, maka akan bisa diketahui kadar air yang bisa dibor yang akan dijadikan sumur bor. Air tersebut juga yang tidak terkena efek dari perubahan iklim.        

Selain itu metode geolistrik juga dapat dijadikan sebagai cara untuk mendeteksi apakah tanah tersebut memiliki bahan tambang yang bisa dimanfaatkan atau tidak. Selain itu bisa juga untuk mengetahui suhu panas bumi yang ada di dalam tanah.

jasa sumur bor bandung/service sumur bor/jasa geolistrik jasa sumur bor bandung/jasa geolistrik
jasa sumur bor bandung/jasa geolistrik

JASA SUMUR BOR BANDUNG/JASA GEOLISTRIK
Team2air 
PHONE 082219358074 
team2air@gmail.com