This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Pengeboran Air Tanah

jasa sumur bor bandung/service sumur bor/jasa geolistrik
Pengeboran air

Pengeboran air tanah adalah proses pengerjaan pembuatan sumur untuk mengeluarkan air dari dalam tanah, proses tersebut meliputi pembuatan sumur gali maupun sumur bor . Pada masa sekarang keberadaan sumur gali jarang sekali di temukan apalagi di daerah pemukiman-pemukiman penduduk yang padat atau daerah perkotaan, sumur gali masih mengandalkan air resapan atau air permukaan sebagai sumber pengambilan air nya, air resapan dari air hujan yang meresap kedalam tanah sehingga sumur gali pada musim kemarau sumber air nya akan habis. Di lokasi-lokasi pemukiman yang padat penduduknya sekarang mereka menggunakan sumur bor untuk mendapatkan air tanah sebagai kebutuhan pokoknya, sumur bor yang di buat berjenis sumur bor jetpump dan sumur bor jenis submersible.

Perbedaan Sumur bor Jetpump dengan Sumur bor Submersible.
1. Sumur bor jetpum dibuat dengan kedalaman sumur antara 30m-45m dengan pengambilan air antara 16m-32m, jadi sumur bor jetpump ini sebenarnya masih mengandalkan air resapan atau air permukaan atas untuk lokasi-lokasi tertentu, oleh karena itu sumur bor jenis ini pun masih rentan kering atau debit yang air yang keluar sedikit pada musim kemarau. Sedangkan sumur bor submersible di buat dengan kedalaman antara 50m - 80m dengan pengambilan air atau penyadapan airnya antara 40m - 50m kebawah yang oleh tukang sumur di sesuaikan dengan lapisan tanah di lokasi tersebut, pengambilan air tanah yang dalam ini lah maka jenis sumur bor ini kwalitas airnya lebih bagus dan debit keluar airnya pun besar, musim kemarau tidak mempengaruhi debit air didalam tahah, kecuali kalau ada penurunan permukaan air akibat banyaknya pemakaian air seperti di daerah-daerah industri dan perkotaan padat pemukiman.
2.  Pompa air yang digunaka untuk sumur bor jetpump menggunakan pompa air jetpum dengan berbagai kapasitas, dengan cara kerja dari pompa ini adalah meniupkan udara kedalam lubang dan menghisap air dalam lubang sumur tersebut oleh karenanya pompa ini menggunakan 2 pipa yang di pasangkan di lobang sumur, satu untuk meniupkan lobang satu lagi untuk menghisap air dari dalam lubang.
Sedangkan jenis pompa untuk sumur bor submersible adalah pomapa celup/ pompa satelit yang di masukan kedalam lubang sumur tersebut dengan cara kerja kerjanya mendorongkan air dari dalam sumur ke luar melalui satu pipa hisap yang di sambungkan ke mesin pompa air tersebut, sehingka dari debit air yang di keluarkan jauh lebih besar dari pompa jetpump.

Pengerjaan pengeboran air tanah
Pengerjaan pengeborannya di lakukan dengan melobangi tanah dengan kedalaman sampai mendapatkan air yang di inginkan, pembuatan sumur gali dengan diameter lobang yang besar dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam kisaran 7m-15m, sedangkan pembuatan sumur bor di lakukan dengan melobangi tanah dengan diameter 4inn sampai 12in disesuaikan denagan jenis sumur nya tetapi kedalaman sumur bor jauh lebih dalam. Pembuatan sumur bor dilakukan dengan 2 cara yaitu
1. Pengeboran manual, yaitu pengeboran yang dilakukan masih menggunakan tenaga manusia tanpa bantuan mesin dengan cara melobangi tanah dengan diameter tertentu  menggunakan besi pipa dengan pisau bor supaya tembus ketanah dan air.
2. Pengeboran menggunakan mesin bor, Pengeboran ini dilakukan dengan bantuan mesin bor sebagai alat untuk melobangi tanah tersebut.

Itulah sekilas mengenai pengeboran air tanah yang perlu anda ketahui, dan untuk anda yang membutuhkan jasa pengeboran sumur bor, anda dapat menghubungi kami dan berkonsultasi denagan Kami Team2air Bandung di tlp. 082219358074