This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Tahapan Survey Geolistrik

jasa sumur bor bandung/service sumur bor/jasa geolistrik
alat geolistrik

Survey geolistrik merupakan tahapan pengerjaan dari team geolistrik yang bertujuan untuk menyelidiki keadaan lapisan tanah/batuan di wilayah tersebut guna kepentingan pertambangan, kontruksi bangunan, arkeologi dan hidrologi.
Dari hasil survey tersebut di dapat data-data mengenai karakteristik lapisan tanah/batuan, kekerasan batuan, akuifer air di wilayah tersebut yang telah dibuatkan laporan atau report yang dibukukan.

Tahap-tahap pengerjaan survey geolistrik
1. Kesepakatan antara konsumen dengan team geolistrik untuk melakaukan survey di wilayah tertentu yang telah ditetapkan.
2. Team geolistrik yang terdiri dari peralatan, operator, helper datang kelokasi untuk melakukan survey.
3. Dilokasi, operator dan helper melakukan pengukuran dan mengambil data-data berupa angka-angka yang real dengan cara membentangkan kabel panjang berukuran 300meter yang disambungkan ke sebuah alat geolistrik. Pengukuran dilakukan dengan metode  Schlumberger yaitu dengan cara memanfaatkan sifat kelistrikan terhadap formasi batuan terhadap arus listrik yang diinjeksikan searah ke dalam bumi melalui dua elektroda arus pada dua titik permukaan bumi. Kedua elektroda potensial ditempatkan berdasarkan susunan konfigurasi elektroda tertentu.
Baca disini : Jasa Geolistrik
4. Setelah selesai pengukuran, biasanya untuk satu lokasi diberikan 2 atau 3 titik survey geolistrik maka di peroleh angka-angka atau data-data mentah dulu belum mewakili hasil dari survey tersebut karena data-data tersebut harus diolah lagi dikomputer oleh team ahli pengolah data dari team geolistrik tersebut.
5. Team pengolah data dikantor setelah menerima data-data mentah dari operator melakukan pengerjaannya dengan menganalisa, mencocokan data tersebut mengguanakn metode2 khusus sehingga didapatkan hasil dengan akurasi yang bagus antar 80%-90% mengenai wilayah tersebut selanjutnya di buatkan laporan/report yang telah dibukukan.

Tarif Jasa Survey Geolistrik
Mengenai tarif atau harga dari jasa survey geolistrik sebenarnya tergantung dimana lokasi yang akan disurvey, apakah itu didalam kota, didalam provinsi atau diluar provinsi dengan kata lain tarif jasa geolistrik di sesuaikan dengan jarak antara team geolistrik dengan lokasi yang akan di cek. Tarif juga di pengaruhi oleh berapa titik survey yang di butuhkan untuk wilayah atau lokasi yang akan di survey.
Standar harga jasa geolistrik sebagai gambaran sebagai berikut :
- Harga untuk dalam kota 2.5jt
- Harga luar kota 3,5jt-4jt sudah termasuk tranfortasi
- Harga untuk daerah jawa 5jt termasuk tranfortasi
- Harga luar jawa 6jt-7jt diluar tranfortasi dan akomodasi
Itulah sekilas mengenai harga jasa survey geolistrik tetapi harga tersebut tidak mengikat dan bisa berubah disesuaikan kesepakatan antara team geolistrik dan konsumen serta faktor-faktor lainnya.

Bila anda berminat jasa geolistrik kami yang sudah berpengalaman dan mempunyai  pengalaman kerja cukup lama dibidangnya serta banyak melakukan pengerjaan untuk wilayah seluruh indonesia, hubungi kami di tlp. 082219358074 yang meliputi pengerjaan seluruh Indonesia