This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Survey Geolistrik Pedoman Pembuatan Sumur Bor

jasa sumur bor bandung/service sumur bor/jasa geolistrik
survey geolistrik

Jasa Geolistrik merupakan penyedia jasa dari team ahli geolistrik untuk menyelidiki keadaan lapisan tanah dan batuan di bawah tanah dengan menggunakan sebuah alat yang di rancang khusus untuk mengetahui sifat-sifat kelistrikan tanah dan batuan.
Setiap wilayah atau lokasi di suatu tempat khususnya di daerah vulkanik/pengunungan memiliki karakter lapisan tanah yang homogen dan berbeda beda antara satu lokasi dengan lokasi yang lainnya perbedaan tersebut dapat diukur berdasarkan sifat-sifat kelistrikan batuan yang terkandung didalamnya oleh sebab itu perlu diadakannya survey geolistrik untuk masing-masing lokasi tersebut sebagai patokan atau pedoman untuk berbagai kepentingan misalnya :
1. Untuk kepentingan pertambangan, sebagai acuan bahwa termpat tersebut terkandung mineral-mineral yang berharga seperti emas, tembaga, batubara dan yang lainnya. Penyelidikan geolistrik diarahkan kepada jenis kandungan mineral, penyebaran kandungan mineral tersebut dan ketebalan mineral di dalam tanah tersebut.
2. Untuk kepentingan pembangunan suatu bangunan, penyelidakan geolistrik diarahkan pada keadaan lapisan tanah labil atau tidak bila di lokasi tersebut di buatkan sebuah bangunan, kelayakan akan kestabilan tanah tersebut bila di atasnya di bangun sebuah bangunan serta fungsi tanah lainnya yang berhubungan dengan pembangunan di lokasi tersebut.
3. Untuk kepentingan Hidrologi yang berhubungan dengan kandungan air, sumber air atau akuifer (lapisan tanah/batuan  yang dapat menampung dan meloloskan air sebagai sumber air didalam tanah). Survey geolistrik diarahkan pada pengukuran  jenis-jenis lapisan tanah/batuan, ada atau tidak nya akuifer didalam tanah tersebut, ketebalan akuifer, dan letak akuifer tersebut berada dikedalaman berapa.

Baca juga disini : Jasa geolistrik

JASA GEOLISTRIK SEBAGAI PEDOMAN PEMBUATAN SUMUR BOR
Penyelidikan geolistrik untuk kepentingan hidrologi bertujuan untuk mengetahui keberadaan sumber air di wilayah tersebut, tingkat kekerasan batuan yang terkandung di dlamanya, dan jenis lapisan tanah/batuan apa saja di dalam tanah tersebut. Karena antara satu wilayah dengan wilayah yang lainnya berbeda-beda mengenai karakteristrik lapisan tanahnya, berbeda-beda mengenai penyebaran batuan vulkaniknya maka perlu diadakan suatu penyelikan atau survey geolistrik.
Setelah diadakan cek geolistrik mengenai wilayah tersebut berarti sudah ada data-data geolistrik di lokasi tersebut, dan data tersebut nantinya di gunakan sebagai pedoman untuk kepentingan hidrologi dan banguanan di lokasi tersebut yang seterusnya dapat di gunakan sebagai patokan/pedoman untuk  pembuatan sumur bor, dari data-data geolistrik tersebut diperoleh gambaran mengengenai
- Jenis lapisan tanah atau batuan di lokasi tersebut
- Tingkat kekerasan batuannya
- Kedalaman akuifer/lapisan tanah yang mampu menampung dan meloloskan air
- Air yang tekandung dalam akuifer tersebut layak di ekploritasi atau tidak karena ada sebagian wilayah yang kandungan akuifer airnya berupa air asin atau payau ada juga yang kandungan zat besinya tinggi sehingga air berbau dan kuning
- Penyebaran hidrologi di wilayah tersebut secara global
- Layak atau tidak di lokasi tersebut di buatkan sumur bor
Secara garis besar bahwa jasa survey geolistrik di perlukan untuk sebuah perencanaan pengeboran sumur bor di suatu wilayah, apakah di lokasi tersebut bisa di buatkan sumur bor atau tidak, layak atau tidak. Resiko tidak adanya penyelidikan geolistrik untuk pengeboran air adalah kerugian bagi pihak2 yang membuat sumur bor itu sendiri karena biaya yang di keluarkan untuk pengeboran air tersebut cukup mahal sedangkan apabila di lokasi tersebut tidak terdapat sumber air atau air yang terkandung di dalamnya tidak terpakai tentu adalah kerugian yang sangat besar.

Kami sebagai team pengeboran air tanah, sebelum di adakan pengeboran di suatu wilayah kami sering menyarankan dulu kepada konsumen yang menyewa jasa kami  untuk di adakan survey geolistrik terlebih dahulu, kecuali kalau kami sudah mengenal karakteristrik  wilayah tersebut kami tidak menyarankannya tujuannya adalah untuk meminimalisir kerugian dan layak atau tidaknya diadakan pengeboran.
Dari sekian banyak kegiatan pengeboran kami di berbagai wilayah yang berbeda kami sering mendapatkan hasil yang kurang memuaskan karena tidak di adakan survey geolistrik terlebih dahulu. Masalah yang timbul biasanya adalah tidak ditemukannya sumber air, batuan yang sukar di tembus dan air yang di hasilkan kwalitasnya tidak bagus.

Itulah sekilas mengengenai fungsi survey geolistrik  sebagai penunjang untuk pembuatan sumur bor, semoga bermanfaat..., dan untuk anda yang membutuhkan jasa geolistrik kami juga jasa pengeboran sumur bor anda dapat menghubungi kami :
Team2air bandung
Tlp. 082219358074
email  team2air@gmail.com