This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Peran Jasa Geolistrik untuk Kelangsungan Sumber Daya Air


Air adalah sumber kehidupan yang memiliki peranan penting dalam proses sehari-hari. Maka tidak mengherankan jika keberadaan jasa geolistrik juga sangat berperan penting dalam mempengaruhi kelangsungan keberadaan sumber air. Geolistrik merupakan sebuah survey yang dilakukan untuk mengetahui sumber mata air yang tepat sehingga proses pengeboran air bisa berjalan dengan lancar. Jika di daerah Anda ingin dilakukan pembangunan sumur, penggunaan jasa satu ini akan sangat bermanfaat. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa menyimak ulasan mengenai peran geolistrik berikut ini.

peran geolistrik untuk sumur bor

Inilah Peran Jasa Geolistrik yang Perlu Anda Ketahui


Sebagian orang mungkin masih merasa asing dengan istilah geolistrik, padahal jasa ini memiliki peran yang sangat penting dalam kelangsungan kebutuhan air. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan peran geolistrik yang perlu Anda ketahui.

  • Mengetahui Persebaran Mineral

Setiap komponen tanah selalu mengandung mineral yang bisa juga menjadi sumber mata air. Namun, setiap tanah memiliki tingkat mineral yang berbeda-beda sehingga harus dilakukan pengukuran agar mengerti letak kandungan mineral terbesarnya. Tentunya hal tersebut tidak akan bisa dilakukan hanya dengan pengukuran secara abal-abal karena harus menggunakan alat khusus. Hal ini juga akan sangat bermanfaat bagi sektor pertambangan yang ingin mendapatkan hasil maksimal dengan biaya minimal.

  • Mengetahui Ketebalan Lapisan Lapuk dan Jenis Batuan

Peran jasa geolistrik yang selanjutnya adalah untuk mengukur tingkat ketebalan lapisan lapuk dan jenis batuan. Beberapa struktur geologi tersebut perlu diperhatikan apabila ingin menentukan konstruksi bangunan yang tepat sehingga tidak akan terjadi kesalahan selama proses pembangunan. Tingkat keakuratannya hanya bisa diketahui menggunakan alat geolistrik. Nantinya, setelah mengetahui ketebalan lapisan lapuk dan jenis batuan, bisa diukur dengan jelas tingkat kedalaman bangunan agar bisa mendapatkan air yang berlimpah.


  • Menentukan Pemasangan Bor

Di dalam permukaan tanah terkandung air dan minyak yang bisa menjadi sumber daya alam. Tentunya, hal tersebut tidak akan bisa diketahui apabila tidak menggunakan alat khusus. Jasa geolistrik akan memungkinkan semua orang mengetahui pemasangan bor yang tepat sehingga bisa mendapatkan sumber mata air atau bahkan sumber minyak. Jika hanya dikira-kira hanya akan menimbulkan kerusakan pada lapisan tanah dan membuat air semakin sulit meresap ke dalamnya.

  • Dalam bidang Arkeologi

Tak hanya air dan minyak saja, jasa geolistrik bahkan bisa mengetahui adanya temuan arkeologi yang telah terkubur di dalam tanah selama jangka waktu yang lama. Biasanya hal ini akan banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang berkecimpung dalam dunia penelitian. Klasifikasi benda-benda bersejarah yang bisa ditemukan seperti batuan, perak, logam, dan benda-benda sejenis lainnya. Geolistrik bisa mengetahui terlebih dahulu tanpa harus membongkar tanah tersebut karena alat ini bisa mendeteksi beberapa bahan tertentu tergantung pada jenisnya.

  • Sumber Mata Air

Biasanya, pada daerah-daerah tertentu akan muncul beberapa sumber mata air yang berlimpah, tetapi keberadaannya sulit diketahui. Namun, sebenarnya hal tersebut bisa diketahui dengan mudah asalkan menggunakan sistem geolistrik. Nantinya, akan dilakukan pengukuran selama beberapa waktu agar bisa mengetahui ketepatan lokasi sumber daya air. Setelah itu, pemasangan bor bisa dilakukan dengan akurat.

***

Peran jasa geolistrik dalam kelangsungan sumber daya air memang sangat krusial. Hal ini karena semua hal yang ada di dalam tanah bisa diukur dengan jelas menggunakan geolistrik sehingga tidak akan kesulitan dalam menentukan sumber mata air dan sebagainya. Team2air adalah salah satu penyedia jasa yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya. Proses geolistrik yang dilakukan juga melalui tahapan yang valid sehingga hasilnya bisa sangat akurat.